Honda ‘Mejeng’ duluan dengan smarttechnology untuk masa depan

12 comments

“Menciptakan suatu karya itu tidak mudah”
“Begitu juga mempertahankan suatu karya”

Saya rasa ini lah alasan yang mendorong Honda untuk berani menampilkan  “smart teknologi” nya saat ini .Dengan demikian sudah jelas siapa penggagas inovasi yang dikenal dengan sebutan “smart tecnologi ” itu untuk pertama kalinya.Honda rupanya berani tampil duluan diantara sejumlah kompetitornya yang dapat kita amati juga saling berlomba untuk menemukan bahkan ikut-ikutan menciptakan teknologi yang serupa.Kali ini Honda memperkenalkan hasil inovasinya yang dinamakan ESP(Enhaced Smart Power).Sudah ada bayangan dengan teknologi ini? Coba dikira-kira ,dilihat dari namanya seberapa jauh sih kecanggihan inovasi ini sehingga memikat para pengguna motor Honda, khusunya Honda matic yang pantas disebut sebagai teknologi pintar (hondasmarttech) masa depan.Kali ini Honda jenis skutik adalah korbannya, korban menjadi sorotan masa sebagai motor skutik keren & tangguh dimasa sekarang.Dengan memiliki mesin dengan teknologi ESP alias Enhanced Smart Power.Untuk lebih jelasnya lagi,stay diblog ini ya...

eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Konsep ini diusung Honda untuk skubek globalnya... Dalam eSP ada 10 teknologi utama.


sangat mungkin jika bro sis disini bertanya-tanya apa sih keunggulan teknologi ESP dibandingkan dengan teknologi yang lain, bahkan teknologi vendor motor lain yang kelihatan juga tidak kalah keren? Apakah ESP juga memiliki daya tarik terhadap para pecinta skutik Honda? Baiklah,untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang sedikit itu (pasti jawabannya super banyak) ,kali ini blog saya tuliskan sekaligus ceritakan “all about ESP (Enhanced Smart Power) kepada kalian yang keliahatannya ‘kepo’ banget sama teknologi pintar ESP yang nge-hits ditahun ini.Kali ini saya pastikan setelah membaca tulisan ini, kalian bakalan semakin mencintai skutik Honda selayaknya mencintai pacar , suami ataupun istri sendiri.ciye…
Pertanyaan pertamaaaa…….
apa sih keunggulan teknologi ESP dibandingkan dengan teknologi yang lain, bahkan teknologi vendor motor lain yang kelihatan juga tidak kalah keren?
Skutik Honda yang mempunyai mesin berteknologi ESP mempunyai banyak keunggulan yang memang dihasilkan dan tidak terlepas dari komponen-komponennya.Terbukti tidak hanya satu,dua,ataupun tiga…tetapi setidaknya ada 10 keunggulan yang terhitung dihadapan mata dan memang hal itu benar adanya.Jika kalian ingin menjadi bagian dari “penjajal” teknologi ESP ini mungkin kalian juga akan jeli menemukan apa saja keunggulan teknologi yang belum disebutkan dibawah ini.Oleh karena itu saya tantang nih buat pecinta skutik Honda untuk segera mencoba teknologi ESP dan memberikan komentar langsung mengenai smarttechologi ini dengan membandingkan teknologi mesin jenis lain.Jangan lupa ini bagian dari sayembara yang saya buat.Kalo berhasil  hadiahnya nggak main-main,yaitu satu unit skutik dengan mesin ESP (dalam bentuk gambar)…..atau kalo pengen real hadiahnya adalah makan & ngopi dirumah saya aja gimana?
Bro sis..
10 keunggulan dari teknologi ESP antara lain adalah :


1 ACG starter dan ISS starter dengan alternator menyatu.
ISS sangat hemat terhadap bahan bakar ketika 


berhenti dilampu merah,mesin  dimungkinkan 
mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik































































2 Fuel Injector Semprotan bahan bakarnya bahkan paling halus 
dibandingkan kompetitor lainnya
3 Roller Rocker Arm laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran 
roller yang lebih kecil.


sehingga sudah pasti lebih ringan dan gesekannya 
berkurang.
4 Compact Combustion  ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan 
hambatan pada saluran masuk

Chamber bahan bakar.Karena pada umumnya aliran kabut bahan
bakar terhambat akibat
5 Offset Cyclinder  Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat 
 TMA (titik mati atas) 

& Spiny Sleeves yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as.
ketika langkah usaha atau  kompresi,


gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. 
Piston dan setang piston


akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder 
secara berlebih.


spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di 
balik dinding silinder.
fungsinya untuk melepas panas lebih cepat.



6 Light Weight Piston & Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan 
juga mengurangi bidang

Crankshaft gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as 
dibuat lebih kuat dan 


mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan 
bearing kruk as yang lebih besar.


7 Breather Passage Lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas 
di dalam mesin ke luar. 


Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur
rantai keteng (sekarang 


ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja)
8 Built in Liquid jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi 
juga ada di balik dinding

Cooling System  silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat 
lebih banyak.
9 V-Matic transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya 
lebih lebar dan dirancang 


dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. 
Efeknya lebih awet dan 


mengurangi gejala selip.
Dan yang terakhir......
10.Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Sisi  original inovasi kurang terasa jika suatu inovasi itu belum dipatenkan.tindakan ini sangat disarankan agar segala sesuatu yang diciptakan dan ditemukan tidak diplagiat dan diakui oleh pihak-pihak lain.Nyatanya apa? Honda lagi-lagi melangkah lebih sigap dengan mematenkankan  hasil inovasinya ini,diantaranya  Fuel Injector dan Roller Rocker Arm


Mulai tahun 2015 Semua Skutik Honda Akan Mengusung Teknologi eSP....

Setuju nggak nih? kalau mas anang aku sih "iyess".Sudah jelas alasanya karena dengan menggunakan teknologi mesin eSP sudah jelas didepan mata banyak banget keunggulan daripada teknologi mesin dari teknologi sebelumnya.Tentu saja ini menjadi kabar gembira buat pecinta motic (motor methic) honda.Pernyataan tersebut resmi dikeluarkan oleh pihak honda pada acara gelaran Indonesia International Motor Show (IMOS) 2014 yang dihadiri dan dikatakan langsung oleh Yoshishige Nomura selaku  COO Motocycle R and D Center, Honda R and D Co.Ltd and President of Honda Racing Corporation (HRC).Hal yang sama juga dikatakan oleh bapak Wedijanto Widarso,selaku GM Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).Yaay,udah yakin kalo saya nggak bohong kan?
"Ya itu benar, tahun depan bertahap semuanya akan menggunakan teknologi eSP," -Wedijanto Widarso

Pesan saya sabar aja ya,semuanya butuh proses,pengalihan penggunaan teknologi eSP ini akan dilakukan secara bertahap hingga  semua skutik honda akan beralih berbasis Teknologi eSP.Joss kan...
Untuk Skutik jenis Beat & Scoopy masih akan diterapakan (proses) tetapi klo bro sis sudah "ngebet" pengen menjajal teknologi eSPnya,silakan langsung ke dealernya ya buat beli langsung tuh Vario 125 atau PCX 150 karena dua tipe skutik ini sudah menerapkan teknologi eSP loh...

Infografis tentang mesin teknologi eSP - rangkuman dari berbagai sumber -@sugatangguh


 Kenapa kamu harus memiliki Skutik teknologi eSP?
Aduh ngereview gini jadi ingin ganti motor bebek aku ke matic..
Udah kebayang trendy dan nyamannya pakai Skutik (Scooter matic) idaman, apalagi buat nganter pacar ibu saat belanja ke pasar.Nggak ada yang mau belikan aku skutik teknologi eSP nih..?tapi buat kamu yang dompetnya tebel,saya saranin segera "pinang" skutik jenis ini.Kalian nggak bakalan rugi.Apalagi dengan teknologi eSP itu....

1.ECONOMICAL (Hemat Bahan Bakar)
2.ECO FRIENDLY (Ramah Lingkungan)
3.HIGH PERFORMANCE (Performa Tinggi)
3 alasan untuk jangka panjang bukannya sangat luar biasa :)
"Change your life be better with Honda eSP technology"
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog “Lomba Blog Teknologi Pintar Honda”.
Semoga artikel ini bermanfaat ya...
 
 

Referensi : 
Thankyou for :
http://www.welovehonda.com/
http://motor.otomotifnet.com/read/2014/11/06/354011/24/8/Bersiap-2015-Semua-Skutik-Honda-Usung-Teknologi-eSP

12 comments :

  1. wah mas. aku juga ikutan beginian nih. honda emang ajiiib. sukses yak

    ReplyDelete
  2. wah mas. aku juga ikutan beginian nih. honda emang ajiiib. sukses yak

    ReplyDelete
  3. ulasanya yang menarik bro motor honda baru teknologi esp ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) cepet banget mas mampirna,smoga sama2 menan deh mas 1-1

      Delete
  4. saya juga pakai Honda mas... memang ajib yah... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeeey,mbak
      salam kenal,kemarin ikutan blog competitionnya nggak nih? :>)

      Delete
  5. Replies
    1. iya mas,awal 2015.dan ini progres buat matic lainnya akan menggunakan teknologi esp.thks kunjungannya :)

      Delete
  6. Honda emang keren ya, suaranya halus, mesinnya kuat, saya bolak balik touring pake honda PCX, nyaman rasanya. Sukses bwt lombanya, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dari blogger banyuwangi mbak sri, terimakasih sudah mampir :))

      Delete